Tips Menyiapkan Motor Untuk Mudik

B. Faktor Kendaraan

Jika kamu berencana untuk membawa kendaraan atau motor untuk mudik, faktor kondisi kendaraan menjadi hal yang sangat penting. Tapi ini bagi yang punya kendaraan lho, kalo yang belum, boleh mengintip Harga motor terbaru di sini.

1. SIM dan STNK

Tujuannya sudah tau kan, nanti kalo ketemu Pak Polisi di jalan dan ngajak kenalan, kasih tuh SIM sama STNK, pastikan SIM nya yang bener, jangan SIM punya teman. SIM juga bisa untuk identitas diri, siapa tau nanti dijalan ada apa-apa. STNK juga jangan sampe expired, jadilah biker yang taat.

Tips menyiapkan motor untuk mudik lebaran by Jogja Oto
Tips menyiapkan motor untuk mudik lebaran by Jogja Oto

2. Modifikasi atau Standar?

Bagi para bikers yang suka modifikasi motor, kadang bingung ketika mau mudik, sebaiknya motor tetap dalam tampilan modifikasi atau standaran. Selama modif motor digunakan untuk meningkatkan performa motor, menambah kenyamanan berkendaraan, dan pastinya tidak melanggar aturan-aturan [misalnya knalpot melebihi ambang db, dll], sebenarnya sah-sah saja. Apalagi bagi pecinta touring, pastinya modifikasi motor touring lengkap dengan box-box-nya akan sangat membantu. Namun, jika modif “alay” atau semisal modifikasi Modif motor Thai Look dirasa akan merepotkan, mending di-standard-kan saja.

3. Performa motor

Motor untuk harian sama untuk touring [baca: mudik] pastinya berbeda, servis kendaraan sebelum mudik, cek kondisi pelumas/oli, ban-ban, shock, pengereman, aki. Handling/kondisi keseimbangan motor, posisi berkendara yang dipengaruhi oleh jenis dan posisi stang, bentuk dan posisi jok, footstep/underbone, tinggi/rendah settingan shock, dan faktor tinggi tubuh kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *